Tuesday, September 16, 2008

Chechnya Bina Masjid Terbesar di Eropah


Setelah menunggu sekian lama, warga Muslim Chechnya akhirnya memiliki masjid besar yang dibangun di kota Grozny. Masjid itu akan menjadi masjid terbesar bukan hanya di Chechnya-negeri di Utara Kaukasus-tapi juga di seluruh Eropah.

Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov mengatakan, masjid ini akan dibuka secara rasmi pada tanggal 17 Oktober bersamaan dengan hari pertama pelaksanaan International Peacemakers's Conference yang bertajuk "Islam-Religion of Peace and Progress."

Masjid itu diberi nama Masjid Ahmad Kadyrov, nama ayah dari Ramzan Kadyrov. Masjid yang mampu menampung lebih dari 10.000 jamaah ini dilengkapi dengan menara-menara setinggi 180 kaki, yang menjulang ke langit. Di masjid ini juga terdapat kantor administrasi urusan agama Islam Chechnya, sekolah agama, universitas Islam, hotel serta perpustakaan Islami. Pembangunan masjid ini sudah dimulai sejak tiga tahun yang lalu dan menelan biaya sekitar 20 juta dollar.

"Untuk pertama kalinya setelah 60 tahun lamanya, rakyat Chechnya bisa memiliki masjid agung di Grozny sebagai tempat melaksanakan kegiatan dan ibadah, " kata Presiden Ramzan Kadyrov.

Ia mengungkapkan, ketika masih berada di bawah rezim Soviet, tak satu pun masjid bisa dibangun di Chechnya. Masjid-masjid yang ada bahkan ditutup, dihancurkan dan dirampas.

"Rakyat Chechnya tidak pernah punya kesempatan untuk beribadah di dalam satu masjid yang besar, sesuatu yang seharusnya menjadi hal yang biasa di negara Islam dan di wilayah-wilayah di mana agama Islam dianut, " tukas Ramzan. (ln/iol)

sumber

No comments: